Cara Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Aplikasi Dapodik versi 2020 untuk Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 baru saja diluncurkan pada Senin malam tanggal 19 Agustus 2019. Terdapat beberapa perbaikan signifikan dalam Dapodik Versi 2020 ini seperti penambahan beberapa fitur baru, metode validasi serta perbaikan  beberapa bug yang terdapat di versi sebelumnya.

Pada Dapodik Versi 2020 dilakukan pembaruan pada database yang telah menggunakan database baru. Oleh sebab itu secara tekhnis, aplikasi Dapodik Versi sebelumnya tidak dapat diupgrade secara langsung, tapi harus dilakukan instal ulang secara menyeluruh dengan menggunakan Installer Dapodik Versi 2020.

Cara menginstal Dapodik Versi 2020 di laptop atau komputer secara umum sama saja dengan versi sebelumnya. Ada dua metode registrasi yang berpengaruh pada perlu tidaknya mendownload prefill. Pertama registrasi online dan yang kedua registrasi offline. Bila anda akan memilih registrasi online, maka cukup hanya dengan mendownload installer dapodik 2020 saja tak perlu mendownload prefill. Langsung saja instal aplikasi Dapodik 2020 di laptop dan bila selesai lakukan registrasi online dengan syarat harus terhubung internet.

Langkah instalasi Dapodik versi 2020 dengan cara registrasi online:

1. Unduh aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 di alamat : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan . Simpan aplikasi dapodik hasil download di tempat yang mudah diingat/diakses.
2. Uninstal aplikasi dapodik versi sebelumnya di laptop/komputer.
3. Instal aplikasi dapodik 2020. Tunggu sampai selesai. Setelah selesai lakukan registrasi secara online. Pastikan sinyal internet bagus agar proses registrasi berjalan dengan lancar.

Adapun bila akan melakukan registrasi secara offline, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Uninstal Dapodik versi lama yang berada di laptop atau komputer.

2. Unduh installer Dapodik Versi 2020 di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
 
3. Unduh prefill dapodik sekolah anda di alamat yang sama dengan Installer Dapodik Versi 2020. Klik sub menu Data prefill, kemudian download prefill dapodik dengan mengklik salah satu link unduhan.
4. Simpan data prefill hasil unduhan di Local Disk C dan masukan dalam folder yang diberi nama  prefill_dapodik.
5. Instal Dapodik di laptop atau komputer dengan cara klik dua kali file installer dapodik yang tadi telah didownload. Ikuti langkah-langkah instalasi sampai selesai.
6. Jika telah selesai lakukan registrasi dengan menggunakan username, password dan kode registrasi yang dimiliki sekolah.
7. Instalasi selesai anda tinggal menggunakan Dapodik Versi 2020 untuk pendataan sekolah anda
Jika anda kesulitana mendownload installer Dapodik 2020 dari situs Dapodikdasmen, anda bisa mendownlod dari link di bawah ini:



Comments :

Post a Comment