Inilah Cara Daftar SIM PKB (SIM Guru Pembelajar) bagi guru yang belum UKG 2015

Pelaksanaan Guru Pembelajar yang dilaksanakan tahun 2016 berlanjut di tahun 2017 dengan nama dan sistem yang sedikit berbeda. Kalau dulu namanya SIM Guru Pembelajar, tahun 2017 berubah nama menjadi SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). SIM  PKB tahun 2017 berbasis Komunitas Guru/Pokja (KKG/MGMP).

Baca Juga : Tata Cara Pendaftaran Peserta Seleksi Pretes PPG 2019

Untuk bisa mengikuti SIM PKB tahun 2017, guru harus login di alamat :  https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login serta melakukan verifikasi dan validasi data sesuai data riil guru saat ini. Bila terjadi perubahan tempat kerja atau yang pindah jenjang atau perubahan mapel maka secepatnya lakukan perubahan data serta mencetak surat pengajuan perubahan data untuk diserahkan ke admin dinas.

Bagaimana bila ada guru yang belum memiliki akun di SIM PKB (SIM Guru Pembelajar) karena belum mengikuti Uji Kompetensi Guru di tahun 2015?. Tak usah bingung, cara registrasinya cukup mudah dan bisa dilakukan dari manapun asal terhubung dengan jaringan internet. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah registrasi SIM PKB bagi guru yang belum ikut UKG tahun 2015 di bawah ini.

1. Buka halaman https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
2. Klik Registrasi Akun sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini
3. Klik Cari No UKG sehingga muncul tampilan pencarian data GTK. Pilih Propinsi, Pilih Kota dan ketikan nama  guru yang ingin dicarikan nomor UKG-nya. Selanjutnya klik Cari GTK.
4. Akan muncul nama GTK beserta nomor UKGnya. Pastikan nama yang dipilih adalah nama guru yang dimaksud.
5. Jika nomor UKG sudah didapat, kembali ke halaman login dengan mengklik menu Kembali Ke Login.
6. Lakukan registrasi dengan mengkil menu Registrasi Akun
7. Masukan No UKG, tanggal lahir, isi capthca lalu klik register. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan sampai cetak akun SIM PKB.
8. Setelah mempunyai akun silahkan login dan perbaharui data yang ada di laman SIM PKB.

9. Selanjutnya tinggal menunggu panggilan UKG / pretes sebagai syarat mengikuti program SIM PKB tahun 2017.
Bagaimana dengan guru yang akan pindah mapel ( misalnya dari semula guru kelas bawah menjadi kelas atas atau sebaliknya)? Guru tersebut harus login menggunakan akun dan password yang dimilikinya. Kemudian verifikasi dan validasi data dirinya sesuai data sebenarnya. Cetak surat pengajuan perubahan data dan serahkan ke admin dinas kabupaten. Selanjutnya guru tersebut harus mengikuti pretes sebagaimana guru yang belu mengikuti UKG tahun 2015.

Cara Verval Mata Pelajaran PKP Tahun 2019

Comments :

  1. https://paspor.simpkb.id
    Ga bisa dibuka,gimana cara biar bisa?tolong pencerahannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. sudah dimasukan email dan password ko nda bisa dilanjutkan lagi mohon bantuanya

      Delete
    3. Unknow, mungkin passwordnya direset oleh ketua komunitas, coba minta atau tanyakan ke ketua komunitas.

      Delete
  2. https://paspor.simpkb.id
    Ga bisa dibuka,gimana cara biar bisa?tolong pencerahannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai user dan password tahun kemarin. Jika lupa password, silahkan reset dengan menghubungi admin dinas kabupaten

      Delete
    2. Pak mau nanya pak, apakah harus dimasuk kan di dapodik nomor UKG itu pak? Saya sdh trdftr di dapodik sejak oktober kemarin, tapi nomor ukg saya blm ditemukan.. apakah nnti setelah ditemukan nomor ukg saya, apakah wajib input di dapodik?

      Delete
  3. Maaf klu guru yang belum pernah ikut UKG bagai mana ya caranya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum UKG thn 2015, silahkan ikuti langkah2 di atas.

      Delete
  4. Saya belum pernah ukg.. Bisa kah saya membuat komunitasku utk mgmp??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu di wilayah anda sudah ada komunitas sejenis atau belum. Jika sudah ada tinggal minta gabung pada ketua komunitasnya. Jika belum ada komunitas untuk ampel yang anda mampu silahkan buat komunitas dan hubungi dinas untuk daftar

      Delete
  5. Saya belum pernah ikut UKG, tpi data saya di "cari NO. UKG" kok ga ada, padahal saya mulai masuk dapodik sejak 30 Juni 2016.
    Terima kasih.
    Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hub admin Kabupaten ...masih bingung

      Delete
    2. Mungkin nama bapak tidak ada di kementrian pendidikan. Coba dicek k websitenya

      Delete
    3. Kasusnya sama dengan saya, al hasil bingung mau tanya atau usaha gimana lagi

      Delete
  6. saya admin mgmp, trus mau narik anggota untuk masuk ke komunitas tp setelah sya tekan tanda tambah trus masukkan data kemudian di cari, dta guru tidak ketemu ( yg saya masukkan data no UKG ) bagaimana itu , tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  7. KALAU GURU YANG DI PERBANTUKAN DI kEMENAG, Caranya ?

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk kemenag saya kurang tahu

    ReplyDelete
  9. Kalau operator sekolah, bisa ikut ukg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau operatornya merangkap dengan mengajar, bisa ikut

      Delete
    2. caranya gimana buk tolong jelaskan sedikit buk

      Delete
    3. UKG itu yang menyelenggarakan dirjen GTK. Mereka menjaring data dari Dapodik. Waktu penyelenggaraan UKG tidak tentu disesuaikan kebutuhan, Jadi yang terpenting data masuk dapodik, nanti jika ada penjaringan peserta ukg otomatis masuk.

      Delete
    4. Tapi saya sudah terdaftar dari juli 2016 belum ditemukan no dapodiknya.. 😭 mohon pencerahan

      Delete
  10. di tempat saya ada guru agama kristen, mau melakukan registrasi, di cari nomor peserta ukg nya nama dan nomor peserta tidak ditemukan. padahal dicoba untuk mencari nomor peserta ukg bagi guru agama Islam, muncul nama dan nomor pesertanya. mohon bantuannya ya, trims sebelumnua.

    ReplyDelete
  11. Sy belum ikut UKG, tp no UKG sy tdk ditemukan. Kenapa yah...???

    ReplyDelete
  12. Apakah nama anda sudah masuk di dapodik? Coba cek . Bila sudah, dan nomor ukg tetap tidak ada, hubungi admin dinas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana cek kalau nama kita sudah masuk dapodik?

      Delete
    2. Tinggal bertanya atau minta lihat data guru yang terdaptar di dapodik sekolah anda pada operator sekolah.

      Delete
  13. Permisi admin. Mau tanya klo sy naik jenjang smp ke sma dan sudah validasi jg ke dinas serta sudah dimasukan ke komunitas. Tinggal pretestnya saja. Yg sy tanyakan bagaimana cara ikut pretestnya? Apakah tinggal menunggu jadwalnya keluar atau harus lapor ke dinas dulu baru dapat jadwalnya? Terimakasih

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. Kalau masalah pre tes, saya juga lagi cari informasi. Kebetulan saya juga sama pindah mapel. Sampai saat ini belum dapat info yang valid. Untuk sementara kita tunggu saja info dari KKG atau Dinas

    ReplyDelete
  16. saya belum pernah ikut ukg. saya cari no ukg lum ada. apakah harus terdaftar di dapodik terlebih dahulu baru ada no ukg nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, betul. Data calon peserta ukg 2017 berasal dari data dapodik. Jika sekarang nama ibu belum terdaftar di dapodik,segera daftar dulu. Namun karena server dapodik lagi maintenance menunggu dapodik versi 2017 d, jadi paling nanti akhir bulan juli baru bisa masuk

      Delete
  17. Saya blm ukg. Saya sdh menlengkapi dta di akun simpkb,langkah selanjutny apa yah?? Surat ajuan yg di print out kita serahkan kemana untuk persetujuan verivikasi data???

    ReplyDelete
  18. Kalau jenjang SD/SMP Ke Dinas Kab/Kota bagian Mutendik. Kalau SMA/SMK ke dinas provinsi

    ReplyDelete
  19. Saya belum ikut UKG, saya cari no ukg di data guru sim pkb tidak ada. padahal saya sudah punya nuptk dan terdata di dapodik disekolah saya yang baru...bagaimana solusinya???

    ReplyDelete
  20. Hubungi admin dinas kab/kota (SD dan SMP) di bagian tendik. Atau Dinas Prov untuk SMa/SMK

    ReplyDelete
  21. Saya sudah register melalui no gtk dan tagal lahir terus setelah itu gimana di layar tidak muncul masih tetap sama di halaman register tidak masuk di akun
    Hanya tulisan register berubahenjadi cetak ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. No GTK? maksudnya no UKG ? Registernya harus pakai No UKG. Jika masih tetap tidak bisa, mungkin penulisan tanggal lahirnya salah atau sinyal internetnya lelet. Coba di waktu yang tidak sibuk, misalnya malam hari.

      Delete
  22. Guru yang belum punya nuptk dan yang belum ikut ukg,bisa ikut atau tidak? Bagaimana cara daftar PKB bagi guru yg belum punya nuptk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama anda terdaftar di dapodik? Jika sudah, coba ikuti langkah2 di atas . Jika nomor UKg tidak ditemukan, hubungi dinas pendidikan bagian tendik.

      Delete
  23. Saya sdh terdaftar di dapodik, saya blm pernah ikut ukg, saya cari no ukg di SIM PKB tdk ditemukan. Apa taun depan no ukg bisa muncul secara otomatis di SIM pkb, mengingat saya guru mulai Juli 2016

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut informasi, nama yang bisa ikut UKG adalah nama PTK yang terdaftar di Dapodik per tanggal 31 Desember 2016. Jadi seharusnya nama anda ada di sim pkb. Coba hubungi admin dinas pendidikan.

      Delete
  24. Saya bantu teman yang namanya tidak ada ketika dicari dengan No UKG, padahal di dapodik sudah terdaftar. Beliai sudah menghubungi operator dinas, tetapi tidak mendapatkan solusi. Harus bagaimana langkah selanjutnya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nampaknya jalur koordinasi antara Dirjen Guru dan P4TK sebagai penyelenggara program SIM PKB dengan disdik sebagai ujung tombak program di daeerah kurang begitu efektif. Pengalaman saya secara pribadi melihatnya demikian. Banyak masalah / kesulitan guru
      dalam persipan SIM PKB yang tidak bisa diselesaikann oleh dinas. Jika memang dinas tidak bisa memberikan solusi, jalan terakhir adalah konsultasi langsung ke P4TK. Mungkin bisa lewat IN atau mentor, barangkali mereka punya link ke P4TK sebagai peneyelenggara SIm PKB. Solusi lain adalah menunggu ikut UKG tahun 2018, karena mungkin saja data yang diambil sebagai peserta UKG adalah data manual. Karena saya teringat pada bulan Maret atau April, Dinas melalui KKg pernah minta data guru yang belum UKG.

      Delete
  25. Mengapa pada waktu pengisian mapel kok tidak ada guru mapel agama ? ataukah menggunakan kelas atas/bawah ? mohon dijelaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guru agama berada di bawah naungan Depag, dan di depag tidak ada/belum ada program UKG dan sim pkg. Jadi untuk guru agama di SD, SLTP, SLTA tidak diwajibkan ikut program sim pkb.

      Delete
  26. istri saya sebagai guru agama SD,, Apa karna mapelnya itu yang menyebabkan datanya tidak muncul pada pencarian???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan seperti itu. Guru agama berada di bawah naungan Kemenag sehingga tidak diwajibkan ikut SIM PKB.

      Delete
  27. Sya sblumnya gru smp swsta ukg 2015 sy dpt pnggiln ukg tp sya tdk ikut krn kbetulan sy sudh kluar dri smp itu,dan skrng sy mngajr di sd negri dri juni 2016, tpi sy tdk dpt pngglan ukg dri sd sy,sya cri no ukg yg dlu di smp sudh tdk ad lgi,sbaiknya bgaimana apa sya mnunggu no ukg yg dri sd ? Apa tdak ad mslah bgi gru yg sudh pnya nuptk mngajar dri thun 2009 smpai 2017 blum prnh ikut ukg ? Apa ad solusinya sya bsa ikut ukg 2017 tnpa no ukg,mohon pnjelsan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di coba langkah2 di atas untuk mencari no ukg bagi yang belum ikut ukg 2015? jika belum, coba cari no ukg anda barangkali ada. Jika ada no ukgnya, lakukan registrasi dan selanjutnya lakukan verval di sim pkb. . Jika sudah dicari tidak ada, coba konsultasi dengan admin dinas.
      Mengenai akibat / sanksi bagi guru yang belum pernah ikut ukg, saya tidak bisa menjawab karena belum menemukan ada referensi/sumber rujukan yang valid tentang hal tersebut. Tapi yang jelas, guru yang tak punya akun sim PKB, tidak akan bisa membuka info GTK. Saran saya, sebaiknya anda harus mengikuti program sim pkb ini, apalagi kalau anda PNS ini harus karena kalau tidak, anda tidak akan bisa melihat info gtk. Jikapun masih GTT honorer, ya perlu juga ikut, kalau - kalau nanti jadi syarat tes cpns sebagaimana telah diberlakukan untuk pada pendaftaran guru untuk luar negeri.

      Delete
  28. saya mengajar guru BK sudah lama tapi mengapa No UKG di cari tidak ada di SIM PKB. Saya sudah tanya ke dinas, katanya guru BK harus mengajar di kelas dan mendapatkan jam pelajaran dan jumlah siswa. Padahal semua di data depodik sudah terisi..Apakah saya bisa bergabung ke komunitas..?walaupun tak ada no UKG...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum no ukg, tidak bisa buat akun sim pkb, sedangkan kita bisa masuk komunitas jika sudah punya akun sim pkb. ....jika dinas sudah tidak bisa memfasilitasi masalah yang anda hadapi, baiknya langsung saja hubungi dirjen gtk atau p4tk. Bisa lewat telpon, email. Mudah2an masukan itu bisa jadi bahan evaluasi dirjen gtk

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Mungkin karena Guru BK jamnya diinput di jam tambahan dengan 0 jam....... sehingga tidak terbaca aplikasi......itu pendapat saya.

      Delete
    4. Guru BK dimasukkan ke Jam Tambahan dengan jamnya dikosongkan, mungkin itu tidak trebaca aplikasi PKB sehingga tidak ditemukan nomor UKGnya di sim PKB.............

      Delete
  29. Slmt sre...sya guru mutasi sdh ada no ukg tpi pda saat sy cek di sim pkb no ukg tsb masih aktif di instansi lma brhubung krna aplikasi dapodik 2017c aplikasix ttup jdi tdk bsa dilakukan mutasi dapodik bru smpi skrg blum ada aplikasi baru jdi sya hrus bgaimna mohon silusix.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan perubahan satminkal di sim pkb dulu. Kemudian cetak ajuan prbhn dan bawa ke dinas untuk minta persetujuan. Untuk perubahan/mutasi di dapodik nanti saja belakangan setelah dapodik 2017d dirilis

      Delete
  30. KALAU UNTUK GURU PAI GIMANA, UKG NYA BELUMM, NO UKG NYA JUGA TIDAK ADA.

    PADAHAL INSTANSINYA DIBAWAH NAUNGAN DINAS, BUKAN LEMENAG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guru PAI adalah PNS DEPAG yang diperbantukan di diknas. Segala aturan guru PAI mengikuti aturan depag,seperti sertifikasi, kkg dll. Dan sampai saat ini di depag belum ada program ukg. Jadi nyantai aja dulu, karena kondisi guru pai sama di slrh indonesia. Justru menurut saya sungguh enak guru pai ini.

      Delete
  31. mohon bantuannya, ada PTK punya no UKG, tapi ketika di cari menggunakan no UKG/nama, datanya kok tidak ditemukan...mohon bantuannya!!!Trim's

    ReplyDelete
  32. Koq saya tidak bisa daftar akun ya. Padahal saya sudah ikut UKG 2015. Tapi saat daftar dan masukan nmr peserta UKG & tanggal lahir koq muncul pemberitahuan untuk memasukan nmr peserta dan tanggal lahir yang benar, saya coba cek tanggal lahir di dapodik sama dengan saya masukan di kolom tanggal lahir. Solusinya bagaimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah ikut ukg tahun 2015, tidak perlu daftar lagi. Tinggal login menggunakan email dan password yang kita miliki sebelumnya. Juika lupa email dan passwordnya minta reset ke ketua komunitas atau admin dinas.

      Delete
  33. ada guru baru masuk agustus ini bisa gak dapatkan no ukg nya

    ReplyDelete
  34. Guru baru atau pindahan dari sklh lain? Kalau guru baru sepertinya tidak bisa untuk tahun ini karena proses sudah ditutup. Kalau guru pindahan, coba cek saja di pencarian no ukg. Tapi jikapun ada no ukg nya proses registrasi di sim pkb nya sudah tutup. Untuk lebih jelasnya silahkan konsultasi dgn admin dinas

    ReplyDelete
  35. MAU TANYA...di acount sim pkb ada di menu penilaian..disitu kan ada 2 pilihan,pilih jalur yg pertama IN/MENTOR TM TRUS YG KE 2 PKB UPT (APBN) KALAU ACOUNT SAYA SUDAH TERDAFTAR YG NO 2 PKB UPT (APBN) MAKSUD SAYA YG MANA YG DIPILIH SEBENARNYA ANTARA 2 PILIHAN ITU MOHON BANTUANNYA TRIMS..

    ReplyDelete
  36. Pilihan 1 diperuntukan bagi yangditunjuk menjadi Instruktur atau mentor kalau bukanIN atau mentor ya plh no 2

    ReplyDelete
  37. Replies
    1. Guru agama tidak diwajibkan kut SIM PKB karena guru agama berada di bawah naungan Depag

      Delete
  38. klo mau pindah mapel gimana caranya ya....mhn petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke akun simpkb. Di bagian Mapel, edit mapel sesuai yang dikehendaki. Kemudian print out surat permohonannya. Bawa ke admin dinas untuk minta persetujuan

      Delete
  39. kasuss.........
    Cek penulisan nomor peserta UKG pada aplikasi dapodik anda sudah benar atau belum.

    Dapodik sekolah sudah syncron minimal satu minggu sebelum hari ini (minimal sudah syncron sebelum tanggal2017-09-28 04:36:55pm
    gmana solusinya...kalau dicek punya teman sudh sinc sebelum deadlen...kalau no ukg salah..buka sim pkb juga bisa...gmna neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diamati nampaknya proses migrasi Info GTK ke simpkb masih bermasalah. Saya banyak mendengar keluhan dari rekan2 ops se kecamatan dan di forum2 ops yang merasa bingung dimana letak kesalahannya. Jadi solusi sementara, cek kembali data di dapodik dengan cermat. Jika sudah yakin tidak ada yang kurang, sinkron kembali dapodik. Kita tunggu saja beberapa hari ke depan, mudah2an masalah yang muncul sekarang di info gtk teratasi. Di sekolah saya, ada satu yang tidak bisa buka info gtk, kalimatnya yang muncul sama seperti kasus si atas. tapi memang saya lupa memasukan no ukg ptk tersebut sehingga baru kemarin dimasukan dan di sinkron.

      Delete
  40. Aplikasi sim pkb kapan di buka lagi karena no. Ukg baru di ketahui sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah punya no UKG, tinggal registrasi di simpkb (ikuti langkah no 7 di tutorial di atas). Jika sudah mempunyai akun di simpkb, selanjutnya minta ke ketua komunitas untuk memasukan anda menjadi anggota komunitas mapel yang sesuai.

      Delete
  41. saya sudah pernah terdaftar di dapodik, namun saya berhenti mengajar 2 tahaun. Tahun ajaran ini saya mulai mengajar lagi apakah perlu mendaftar sebagai GTK baru atau tidak? mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya kepada operator sekolah anda , apakah nama anda masih ada di dapodik atau sudah dikeuarkan. JIka masih ada tidak perlu mendaftar lagi tapi jika sudah dikeluarkan, maka harus mendaftar kembali.

      Delete
  42. Mau bertanya pak,
    saya Guru Mapel PJOK SK kepala sekolah mulai tgl 1 November 2017 apakah saya bisa daftar SIMPKB atau tdk pak,. Sedangkan status Di dapodik blm masuk namun berkas berkas pendaftaran PTK baru saya sudah di terima dinas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum jadi Kepsek, apakah Bapak tidak punya akun simpkb? Jika sebelumnya Bpk sudah punya akun simpkb , tinggal mengubah komunitasnya saja. Jika sebelumnya komunitas gur penjas, sekarang masukya ke komunitas KKKS SD. Jika belum (tapi rasanya tak mungkin karena simpkb itu kelanjutan sim gpo yang mulai ada tahun 2015, jadi harusnya bpk sudah punya akun sim gpo yang sekarang berubah menjadi simpkb) tentu saja bpk bisa menaftar SIMPKB jika memmang betul belum..

      Delete
  43. Pak untuk guru yang memiliki SK kepala sekolah mulai Bulan November 2017 sudah tdk bisa mendaftar SIMPKB ???? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu pak! apakah ketika Bpk menjadi guru sudh punya akun simpkb/sim gpo atau belum? Kalau bpk sudah menjadi guru sudah lama, mestinya sudah punya akun simpkb. Jika sudah punya tinggal minta masuk ke komunitas kepala sekolah tidap perlu mendaftar lagi

      Delete
  44. Saya jenjang SMA,pada saat mau mengisi "Bidang Studi PPG Yang Diajukan", bidang saya tidak ada..Saya seni Budaya/ Seni rupa. Mohon penjelasannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba cek, ternyata benar seni budaya tidak ada. Coba hubungi langsung admin simpkb bisa lewat telefon (1500476) atau lewat email : info@gurupebelajar.id atau FB : @guruku.pembelajar atau twitter : @gurupembelajar_

      Delete
    2. mau tanya apakah yg sudah punya no ukg hanya guru yang sudah masuk dapodik per 31 des 2017?
      saya masuk dapodik per jan 2018 mencoba cek no ukg tidak ditemukan..

      Delete
    3. Pemberian No UKG/penjaringan peserta UKG oleh admin SIMPKB tidak dilakukan setiap saat. Terakhir seingat saya penjaringan peserta UKG dilakukan tahun 2016. Jadi bagi guru yang baru masuk dapodik dipastikan tidak akan punya no ukg. Jadi tunggu saja penjaringan peserta ukg periode selanjutnya.

      Delete
  45. Mau tanya, saya lulusan Universitas Tritunggal Surabaya 2009 dan kampus UTS sekarang sudah tutup, jadi pas ngisi nama kampus, kampus saya ngga ada itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi admin SIMPKB(dirjen GTK atau LPMP) untuk mencari solusi permasalahan ini, karena ini menyangkut sistem.

      Delete
  46. Saya Guru Sejarah Indonesia SMK, tapi di kabupaten saya hanya ada 5 SMK, dan hanya saya saja guru mapel Sejarah Indonesia yang definitif (tetap), sehingga tidak punya komunitas. Mohon pencerahannya. Apakah boleh Lintas Kabupaten ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu, coba konsultasikan dengan LPMP atau P4 TK di daerah anda.

      Delete
  47. Saya guru sd honor masuk dapodik agustus 2017,apakah sudah bisa buat akun simpkb karna pas di cari d gtk nama saya tidak ada, mhon pencerahannya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika belum punya no UKG tidak bisa membuat akun simpkb. Tunggu saja sampai ada pendataan peserta UKG periode berikutnya.

      Delete
  48. Mohon pencerahannya saya masuk honorer menjadi guru sd tahun 2013 tapi sampai skarang cari no ukg tidak ditemukan. Trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan saat pendataan tahun 2016 nama anda tidak terdata. Pastikan nama anda masuk ke dalam dapodik. Tunggu sampai ada pendataan lagi untuk UKG bagi guru yang belum pernah mengikuti UKG.

      Delete
  49. Sy baru2 ini sdh terdaftar di dapodik diknas provinsi tingkat SMA, tetapi ukg sy blm ada, terus sy cek online untuk ptk blm ada juga padahal sdh terdaftar di dapodik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar saja ya, Pak. Pendataan dan pemberian No UKG tidak dilakukan secara real time, tapi temporer dan waktunya tidak tentu. Apalagi anda baru saja terdaftar di dapodik.

      Delete
  50. saya sudah ikut ukg 2018 tetapi di pencarian gtk data saya tidak ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan kurang jelas, apakah yang dimaksud ikut ukg itu adalah ikut pretes sebagai syarat untuk ikut PPG ? Dan maksud di pencarian GTK adalah di info GTK? Mohon diperjelas.

      Delete
  51. saya mempunyai 2 ijazah S1,pendidikan bhs Jawa dan PGSD.
    Sblumnya saya mngjar SMP dan sudh lulus Pretes PPG 2018,saat ini sdg menunggu jdwl konfirmasi admnstrasi PPG 2019 (mapel Bahasa Jawa menggunakan ijazah S1 Bhsa Jawa).
    Namun saat ini sy sudh pindah mngjar di SD sbg guru kelas (dan terdaftar dlm dapodik sbg guru kelas menggunakan ijazah S1 PGSD).
    Apakah jk nanti sy ttp ikut PPG Mulok Bhs Jawa dan mdpt sertfikat pndidik, dapatkah digunakan untuk tunjgan sertifikasi sbg guru kelas?atau saya harys mengulang dari awal mengajukan tes UKG-Pretes PPG-PPG lagi? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa. Jika memiliki sertifikat pendidik B. Jawa maka mengajarnya harus di SMP karena di SD tidak ada guru mapel kecuali PJOK dan PAI. Untuk guru kelas \SD sertifikasi pendidikannya harus guru kelas juga.

      Delete
    2. Mohon bantuan nya pak..saya sudah 7 tahun mengajar di SMA tetapi sampai sekarang dapodik saya belum juga bisa di akses pak..konsultasi dgn operator sudah berulang2 kali pak,tapi hasilnya tidak ada..mohon bantuannya kemana saya harus berkodinasinya

      Delete
    3. Maksud dapodik belum bisa diakses itu apa ya? Apa maksudnya data bapak di dapodik belum masuk/ belum ada? Kalau data bapak belum masuk di dapodik, berarti ops belum memasukan data bapak dengan alasan tertentu. Coba tanya ke opsnya, mengapa data bapak tidak dimasukan.

      Delete
    4. Atau jika opsnya tidak memberikan solusi, coba konsultasi dengan kepala sekolah

      Delete
  52. Saya pernah registrasi SIM PKB, tapi saya lupa password
    Dan saya belum pernah ikut Tes ukg
    Saya harus minta diresetkan siapa ya?

    ReplyDelete
  53. Mau tanya pak,teman sy s1 sudah masuk di dapodik dan info gtk,kenapa disim pkb diprofil guru masih d2,mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data di simpkb memang tidak terlalu up to date. Tidak terlalu diurus sepertinya. Banyak seperti itu...punya saya saja nip dan status kepegawaian kosong, pangkat masih pangkat lama. Jangan ambil pusing.................selagi tidak mengganggu sertifikasi dan yang lainnya.

      Delete
  54. saya guru kelas sudah masuk dapodik dari tahun 2012. tapi blum punya akun sim pkb. cek no ukg ada tapi sayah tak bisa masuk akun simPKB. larena pasword di reset. gimana solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum punya akun, tidak akan bisa masuk ke SIMPKB. Daftar dulu, baru jika sudah punya akun, nanti bisa masuk ke simpkb.

      Delete
  55. min kLo misalnya dia sudah terdaftar di dapodik tahun 2017 tapi belum punya simpkb itu gimana ya ngurusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat akun simpkb, syaratnya adalah memiliki No UKG. Masalahnya adalah no ukg diberikan oleh admin simpkb dan mekanisme pemberian no ukg kurang begitu jelas. Tapi coba saja hubungi dinas setempat untuk berkonsultasi masalah ini, barangkali ada solusinya.

      Delete
  56. Saya dpt no UKG .. Tpi sy ngjar mapel PAI .. Q bgung hrs gmn.. .
    Mohon solusi ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak perlu bingung, abaikan saja. Guru PAI memiliki komunitas sendiri dan berada di bawah naungan Depag. Hubungi komunitas KKG PAI di tempat anda`

      Delete
  57. Saya mendaftar ke sim pkb tidak bisa
    Padahal saya sudah punya no ukg 2015
    Bagaimana cara mendaftarnya
    Saya sudah ikuti langkah2 yg ada
    Untuk menghubungi admin kabupaten
    Haruskah guru yg bersangkutan
    Atau bisa adm sekolah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya no ukg 2015 tapi belum punya akun simpkb, kemana saja? Apa pernah non aktif mengajar? Jika tidak bisa daftar sendiri , hubungi admin dinas. Untuk ke dinas bisa sendiri , bisa juga diwakilkan oleh ops/admin sekolah.

      Delete
  58. Mohon pencerahan ny bu Nana..saya baru masuk dapodik pada bulan november lalu..apakah sudah ada kabar untuk pendataan lagi bagi guru yang belum mengikuti UKG?

    ReplyDelete
  59. Pak mohon pencerahannya tahun 2015 sya sudh punya no Ukg, sekarg sy mencari no ukg tersebut kok gak bisa ketemu.

    ReplyDelete
  60. Kok bisa hilang? apa belum punya akun simpkb? Coba cari di simpkb dengan menuliskan nama saja. Propinsi dan kota tidak diisi...

    ReplyDelete
  61. Mohon pencerahan dulu istri saya pernah dapat tunjangan sertifikasi guru tahun 2012 mapel IPS di SMK swasta karena SMK siswanya sedikit tahun 2015 keluar TDK mengajar dan sekarang aktif mengajar lagi Juli 2018 di SMA mapel sejarah dan sudah tarik ptk bulan Januari klo lihat di info gtk data sudah terisi memang blm valid klo buka SIM PKB akunnya TDK ketemu dulu blm sempat ikut ukg 2015.
    1.Gimana agar SIM PKB aktif kembali (dapat akun) karena klo buka lewat info gtk klo buka lewat SIM PKB TDK ketemu akunnya?

    2.apakah sertifikasi gurunya dapat diaktifkan kembali dan bisa cair semester genap ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk bisa registrasi/daftar di simpkb, syaratnya harus memiliki no ukg dan pernah ikut ukg. Masalahnya yang memberikan no ukg dan yang menyelenggarakan ukg adalah dirjen guru dan sampai saat ini dirjen guru belum menyelenggarakan lagi ukg setelah pernah menyelenggarakan ukg pada tahun 2015, 2016 dan 2017. Bahkan Dinas Pendidikan pun tidak tau prosedur pemberian no ukg ini.
      2. Jika memenuhi syarat bisa ( mengajat min 24 jam, linier, siswa mencukupi, dll). Hanya jika belum PNS, harus mengajar di sekolah swasta karena jika mengajar di sekolah negeri tidak akan cair meskipun memenuhi syarat.

      Delete
  62. kalo tanggal lahir ga terdaftar gmna ya ?

    ReplyDelete
  63. Selamat siang min
    Mau nanya kalau nuptk sudah ada namun data di sim pkb tidak ditemukan .
    Di cek di komunitas mgmp data juga tidak ditemukan
    Bagaimana solusinya min.
    Mohon bantaunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data di SIMPKB memang tidak terlalu up to date. Buka hanya data anda saja data saya pun tidak lengkap. Tidak ada NIP, Pangkat salah dan TMT pengangkatan kosong. Hal itu disebabkan admin SIMPKB tidak pernah memperbaharui data secara berkala.
      Jadi... jangan terlalu dirisaukan karena data di SIMPKB memang semua data lama. Mungkin admin simpkb tidak begitu memanggap penting update data. Yang terpenting kita terdaftar di simpkb. Iu sudah cukup

      Delete
  64. Maaf min agak melenceng dgn pembahasan, siapa tau miminnya paham dan tau informasinya. Misal kita udah ikut pre test PPG dan lolos dan masih nunggu jadwal PPG.tpi karna suatu keadaan harus pindah sekolah di daerah lain. Apa PPGnya masih bisa dilanjutkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pmenurut admin, PPG bisa lanjut. Tapi lebih jelasnya bisa tanyakan ke Dinas setempat

      Delete
  65. Bagaimana cara menambah nama yang kurang di simpkb?

    ReplyDelete
  66. ASS.. PAK ADMIN INI SAYA MAU TANYA INI ADA SALAH SATU GURU HONORER DI SD SAYA BIDANG GURU MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,,DIA INGIN BUAT SIM PKB, DAN BELUM PERNAH IKUT UKG,, TRUS BAGAIMANA SOLUSINYA UNTUK DAFTAR???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guru agama memiliki komunitas sendiri yaitu KKG PAI. KKG PAI berada di bawah naungan depag. Jadi guru PAI tidak masuk SIMPKB karena memang tidak diakomodir di simpkb. Untuk guru PAI lebih baik komunikasi dengan KKG PAI karena disanalah wadahnya. Urusan sertifikasi pun guru PAI ikut ke depag.

      Delete
  67. Bapak admin mhn maaf sy proses alih fungsi struktural k fungsional PNS, di jabatan bkn sy msh struktural sedangkan untuk mengganti sapk BKD minta sertifikat pendidik, sy uda PIGP uda masuk dapodik guru kelas uda punya no ukg 2018 uda masuk simpkb tp belum pernah ikut ujian pre test,kepanggilkah saya nanti waktu ada pretest n PPG?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah , jka sudah terdaftar di simpkb akan terpanggil. Hanya mungkin waktunya menunggu habis dulu daftar tunggu ppg sekarang yang masih berlangsung.

      Delete
    2. Mhon arahan dan pencerahannya, saya pernah terpanggil ukg thn2015 namun tidak ikut karena bentrok dengan uas. Sampai saat ini bahkan sudah lulus kuliah dr thn 2017 belum ada panggilan untuk simpkb. Apa karena saya dulu tidak ikut ukg ? saya sudaj konsul k ketua Guru di kecamatan, operator dan bahkan dinas katanya saya harus tunggu dari pusat saja. Padahal saya dari 2015 sampai sekarang aktif mengajar dan aktif dapodik. Namun nomer ukg saya saat saya cek tidak d temukan terus ? Bagaimana admin ? Saya bingung dan sedih mohon pencerahannya..waasalam wr..

      Delete
    3. Kebjakan tentang penyelenggaraam UKG ada di dirjen dikdasmen. Anda bukan satu-satunya orang yang belum ukg. Banyak yang bernasib sama, bahkan sekarang banyak yang baru cpns belum punya no ukg. Dirjen dikdasmen pasti punya data dan punya rencana. Jadi solusinya memang tunggu saja kebijakan pusat.

      Delete
  68. bagaimana pengisian mapel d sim pkb..apabila guru tsb ngjar lbh dr stu mapel? Krn guru produktif smk.. Mohon bntuanny pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena di sana hanya ada satu pilihan, pilih saja salahsatu mapel yang paling sesuai dengan ijazah anda

      Delete
  69. Saya sdh terdaftar di Sim pkb, tetapi ijasah s1 tdk linier, yg linier s2, apakah saya msh bisa ikut ppg, mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang menjadi persyaratan linieritas adalah S 1. Solusinya adalah pindah mengajar sesuai ijazah S 1 yang dimiliki atau kuliah lagi sesuai mata pelajaran yang diampu (diajarkan)

      Delete
  70. Saya dulu pernah mengajar di TK dan sudah ukg tetapi setelah lulus PGSD saya pindah mengajar di SD,saya membuat akun simpkb tetapi yg muncul data gtk TK bagaimana cara merubahnya

    ReplyDelete
  71. Coba buka simpkb, klik profilku, edit satminkal dengan menglik gambar pinsil....jika tetap tidak bisa, hubungi admin dinas.

    ReplyDelete
  72. Assalamualaykum. Mau bertanya Pak Bu, saya sudah punya akun simpkb tapi di datanya saya belum mengikuti sertifikasi profesi/PPG, namun saya sudha PPG prajabatan sm3t dan sudah punya sertifikat. Apakah saya tetap harus ikut PPG daljab ataukah saya bisa langsung memasukkan nomor serdik saya? Namun bagaimana kah caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data di simpkb memang tidak up to date (tidak pernah diperbaharui oleh admin simpkb) sehingga banyak data yang tidak benar, termasuk juga data saya, banyak yang salah. Yang terpenting data dapodik benar. Jadi jika data serdik belum dimasukan di dapodik, silahkan masukan. Mengenai PPG daljab, jika sudah mengikuti PPG Prajab dan sudah memiliki sertifikat, tidak perlu ikut. Jadi menurut saya tak perlu begitu resah dengan data di simpkb yang salah, toh tidak terlalu berpengaruh terhadap pencairan sertifikasi. Yang terpenting data dapodik harus benar.....

      Delete
  73. Saya dr paud baru gabung ke TK apakah bisa saya ikut ukg dan kalo bisa gimana caranya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uji kompetensi guru diselenggarakan oleh dirjen GTK dan pelaksanaaan ukg tidak setiap tahun ada. Yang terpenting data anda sudah masuk dapodik agar nanti jika ada pendataan untuk ukg anda tidak tertinggal.

      Delete
  74. Saya sudah UKG tahnun 2015. Tapi ada kesalahan pd nama saya (kelebihan 1 huruf), karna pada wktu itu data saya d dapodik juga namanya salah(kelebihan 1 huruf juga). Skarang data d dapodik sdh d perbaiki dan nama sya sdh betul. Tpi pada sim pkb nama saya masih salah. Saya sdh k admin dinas tapi katanya tdk bisa rubah nama pada sim pkb. Gimana solusinya ya??? Masalahnya kalau UKG dan puny sertifikat, namaku dalam sertifikat selalu salah ( lebih 1 huruf).
    Mohon pencerahannya ya....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, Admin belum punya solusi atas permasalahn ini. Permasalahannya, kebijakan ada pada admin simpkb dan admin simpkb tidak pernah mengupdate data sehingga meskipun data dapodik berubah di simpkb tetap.

      Delete
  75. Gimana ya caranya merubah nama pda sim pkb??

    ReplyDelete
  76. Assalamualaikum
    Saya lulusan PPG prajabatan 2018, apakah saya perlu mendaftar simpkb??
    Saya mengajar mapel produktif di SMK dgn jurusan hanya satu2nya di provinsi saya & tidak ada mgmpnya. Apakah saya perlu mendaftar??
    Mohon tanggapannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar saja dulu , selanjutnya konsultasi ke dinas pendidikan provinsi .

      Delete
  77. assalammualaikum min.
    setelah mengikuti langkh diatas apa yang harus dilanjutkan... apakah harus ada yang diurus di dinas pendidi kota atau provinsi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah berhasil membuat akun di sim pkb, hubungi ketua komunitas mapel yang ada di tempat saudara untuk minta dimasukan sebagai anggota komunitas mapel. Jika tidak tahu siapa ketua komunitas, tanya teman yang memiliki mapel yang sama.

      Delete
  78. Assalamualaikum. Maaf admin mau tanya sedikit menyimpang....tahun 2017 kmrin saya ikut PLPG lalu saya dinyatakan blm lulus utn 2 2017 tapi sampe saat ini blm ada informasi...klo seumpama saya ikut PPG bisa g ya min...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini Dirjen GTK membuka kembali seleksi program PPG dalam jabatan. Pendaftaran dimulai tanggal 30 september di portal SIM PKB. Silahkan untuk mencoba mendaftar.

      Delete
  79. Saya ingin bertanya, apakah yg bisa mendapatkan undangan mengikuti ppg dalam jabatan hanya guru yang diangkat sebelum desember 2015? Dan untuk yg tahun 2016, 2017 bisa mendapatkan undangan ppg dalam jabatan juga atau tidak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan surat edaran dirjen GTK No 8963/BB11/PR/2019 tertanggal 14 September 2019, yang dapat mengikuti seleksi akademik program PPG dalam jabatan adalah guru yang diangkat sampai tanggal 31 Desember 2015. Silahkan cek di surat edaran Dijen GTK.....Jadi yang diangkat mulai tgl 1 januari 2016 belum dapat mengikuti seleksi PPG dalam jabatan.

      Delete
  80. Assalamu'alaikum maaf admin mau tanya bagaimana jika lupa akun dan pasword, saya sdh menghubungi ketua kkg tp tidak bisa ditarik , sy harus gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau akun itu, nomor ketika kita mengikuti ukg tambah @guruku .id. Misal : 201512121903@guruku.id . Jika lupa password, bisa direset oleh ketua komunitas atau admin dinas. Coba hubungi dinas setempat jika ketua kkg tidak bisa. Dan nanti jika sudah ada akun dan passwordnya, jangan lupa tulis dan simpan supaya tidak lupa lagi.

      Delete
  81. saya sudah mendaftar tapi ketika upload sk pns selalu ditolak, padahal kapasitasnya 62 kb, bagaimana mengatasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ukurannya terlalu kecil. Coba buat ukurannya di atas 200 kb tapi jangan lebih dari 1000 kb (1mb)

      Delete
  82. Maaf admin..mau tanyca sy punya 2 no ukg yg satu tak mskann kedlm komunitas kkg sdg yg lain TDK, tp untuk yg TDK dimasukkan k komunitas ternyata no ukg itu yg sinkron dgn dapodik... Yg sy tanyakan untuk pendaftaran PPG hrs pny komunitas/tergabung dlm kkg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya jg masalahnya punya 2 no UKG, yg satu 2015 dan yg satu 2019, apakah kita bisa menghapus 1 akun no ukg tsb?

      Delete
  83. Yang digunakan harus yang sinkron denga dapodik agar tidak bermasalah nantinya. Dan sebaiknya no ukg yang sinkron dengan dapodik masukan dalam komuitas. Sedangkan yang tidak sinkron dengan dapodik keluarkan dari komunitas

    ReplyDelete
  84. mau tanya admin, NUPTK saya sudah ada di dapodik, tapai kenapa tidak muncul ya di sim pkb?sehingga dibuat tidak memenuhi syarat untuk ikut PPG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri mengalami hal yang sama, NIP saya tidak muncul. Padahal NIP itu ada di dapodik sejak lama. Saya lihat memang beberapa aplikasi yang dibikin depdikbud (PMP, SIMPKB, verval) kurang begitu nyambung satu sama lain.

      Coba hubungi ops dinas, barangkali bisa diedit langsung oleh ops dinas.

      Delete
  85. Masalahnya link yg dikasih gabisa dibuka

    ReplyDelete
  86. Pak, bagaimana kalo ternyata akun SIM PKB nya ada 2? Adakah cara supaya menonaktifkan salah satunya?

    ReplyDelete
  87. sama , saya juga punya 2 nomor ukg karena saya pindah satminkal. nu ukg 2015 dan 2016..yang saya gunakan selama ini yang 2015, dan ternyata yang sinkron dg dapodik no yg 2016,,saya sudah lulus pretest 2018 dan sekarang persiapan ppg 2020..bagaimana caranya agar data dapodik saya sinkron ke no yg 2015??..

    ReplyDelete
  88. Kalau saya belum punya akun sim pkb krn blm ikut ukg 2015. Sudah ada nomor ukg 2016*********. Kl dibuka lamannya ad notic kl sy sudah terdetek di simpkb. Tp kalau diprint tdk muncul akun dan Psw nya. Sy bingung harus bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya di printnya dari mana? setelah login simpkb atau bagaimana maksudnya?

      Delete
  89. Saya sudah daftar tp g bisa msuk ada keterangan gagal menyimpan data ajuan PPG...
    Data satminkal dapodik tidak di temukan atau tidak aktif
    Solusinya bagaimana..

    ReplyDelete
  90. Kalau guru paud nonformal apakah bisa ikut

    ReplyDelete
  91. ho teman pendidik tolong bantu bagaimana cara mutasi/perpindahan mata pelajaran dulu bahasa indonesia kerena tidak leniear diambil matapelajaran yang diampunya pjok yang saya tanya bagaimana mindah mata pelajaran tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemain di awal semester ada verval mapel. Di sana kita bisa menyesuaikan mapel yang diampu sekarang. . Apa SIMPKB nya tidak pernah dibuka?

      Jika belum verval, buka simpkb, alamatnya ada di atas. Pilih profilku. Di sana kita bisa edit data mapel atau satminkal(jika mau pindah tempat tugas). Tinggal klik gambar pinsil.

      Delete
  92. bagaimana solusi jika nama di sim pkb salah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbaiki di dapodik. Tunggu sampai data ditarik oleh server simpkb

      Delete
  93. Saya guru honorer SMA negeri baru masuk awal thn ajaran baru 2018. Saya belum terdaftar di dapodik dg alasan operator sekolah tdk bs mendaftarkan krn pada tahun lalu tdk boleh mengangkat honorer. Apa yg harus saya lakukan Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aturannya memang seperti itu. Sekolah tidak boleh mengangkat honorer tanpa ijin Dinas Pendidikan. Pertanyaaannya? apakah sekolah yang membutuhkan anda karena ada mapel yang tidak tercover oleh guru yang ada atau anda sendiri yang meminta untuk honor di sekolah meskipun guru sudah mencukupi? Jika sekolah yang membutuhkan anda, konsultasi dengan kepala sekolah anda, katakan bahwa anda mau mengajar di sana di sekolah jika terdaftar di dapodik. Nanti kepsek yang konsul ke dinas pendidikan.

      Delete
  94. solusi dong guru kelas sd ijazah s1 sejarah bisa daftar gk? alx mapel gk liner. mohon bantuan

    ReplyDelete
  95. Saya mau bertanya untuk mengurus SIM PKB boleh guru langsung atau melalui operator sekolah? Kemudian saya belum pernah ukg tapi saat sayA cari no ukg d info gtk ada no saya. Apa itu bisa digunakan? TetimaTerim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah punya no UKG, tinggal daftar saja. Daftar sendiri bisa, karena bisa di laptop mana saja asal ada jaringan internet. Tata caranya tinggal ikuti tutorial di atas

      Delete
  96. Ilmu yang bermanfaat, jazakallah khairan

    ReplyDelete
  97. Bu nana, mohon pencerahan, apakah membuat akun SIM PKB harus ada komunitas MGMP atau tanpa ada MGMP pun bisa daftar akun SIM PKB? soalnya saya sudah daftar SIM PKB tapi sy belum masuk komunitas MGMP... Apakah bermasalah nanti? Password yg pertama ketika daftar akun sim pkb sudah lupa...gimana cara memperbaiki nya bu? Apa harus buat akun lagi?

    ReplyDelete
  98. Hi buddies, it is great written piece entirely defined, continue the good work constantly 토토사이트

    ReplyDelete
  99. Really satisfied with all the information I have found in this article. It gives immense knowledge on physical education, it is very helpful and quite generous to spread a good message. The author has done a brilliant job on summing all the points here. You just made a new fan with your writing skills. Cheers! 먹튀검증

    ReplyDelete
  100. Artikel yang sangat bermanfaat. Terimakasih telah berbagi. Sebagai guru yang dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, ini sebaiknya disebarkan dengan luas. Golife

    ReplyDelete
  101. Sebelumnya saya tidak pernah melihat daftar sim guru untuk pembelajara, ini seperti mimpi bagi saya. siopung

    ReplyDelete

Post a Comment