Pengalaman Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dengan BJB Net

Tak terasa setahun telah berlalu. Kini saatnya untuk kembali membayar pajak motor yang menjadi andalan saya dalam beraktifitas. Tahun lalu saya membayar pajak kendaraan di samsat outlet yang lokasinya sekitar 7 kilometer dari rumah. Pembayaran pajak di samsat outlet cukup mengefektifkan waktu karena proses pembayaran pajak tidak memakan waktu yang lama.

Tahun ini saya ingin mencoba membayar pajak melalui sistem e samsat, yaitu sistem pembayaran pajak berbasis online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Pilihan saya adalah pembayaran pajak melalui BJB Net, yaitu aplikasi internet banking milik Bank BJB. Mengapa pilih BJB, karena kebetulan saya sangat familiar dengan bank ini, berhubung sejak tahun 2012 Tunjangan Profesi Guru saya ditransfer lewat bank ini. Selain itu Bank BJB merupakan salah satu bank yang bekerja sama dengan Samsat Jawa Barat dalam pembayaran e samsat.

Proses pembayaran pajak melalui BJB Net cukup mudah. Syarat utama adalah memiliki rekening BJB dan mengaktifkan akun bjb net secara mandiri atau bisa minta bantuan customer service Bank BJB. Jika anda berniat mengaktifkan akun bjb net secara mandiri dapat mengikuti tutorial di artikel ini:Panduan Registrasi BJB Net .

Berhubung saya penasaran dan ingin mendapat pengalaman membayar pajak kendaraan dengan melalui fasilitas internet banking, maka dua hari sebelum masa berlaku pajak kendaraan habis, saya melakukan proses pembayaran pajak dari rumah. Pertama yang saya lakukan adalah menghidupkan laptop dan mengaktifkan mifi (mobile wifi). Selanjutnya membuka laman bjb net dialamat : https://ib.bankbjb.co.id/bjb.net?PID=cGFnZT1sb2dpbg== . Di bawah ini adalah penampakan halaman login bjb net.
Masuk dengan akut yang kita miliki. Setelah semua isian diisi dengan benar, klik login. Jika user id dan password benar, maka laman bjb net akan terbuka. Ada beberapa menu di laman bjb net seperti Informasi Rekening, Transfer, Pembayaran, Pembelian, Administrasi dan Favorit. Masing-masing menu memiliki bebrapa sub menu
Berhubung tujuan saya adalah membayar pajak kendaraan bermotor, maka dipilih menu pembayaran. Ketika menu pembayaran di klik, maka akan terbuka menampilkan beberapa sub menu.
Saya memilih sub menu pajak /retribusi. Disebelah kanan muncul jnedela isian yang berisi nomor rekening , tipe pembayaran, provinsi dan kode bayar. Isi kolom rekening mengklik tanda panah kecil sehingga muncul daftar rekening. Pilih salah satu rekening yang berisi dana yang cukup. Untuk jenis pajak, klik panah kecil untuk menampilkan pilihan dan pilih pajak kendaraan bermotor.. Kode bayar diisi dengan menuliskan angka 32 ditambah tanggal, bulan dan tahun masa akhir pajak kendaraan . Karena kendaraan saya habis pajaknya tanggal 8 Pebruari Tahun 2018, maka di kode bayar ditulis 3208022018. Selanjutnya kilik tombol kirim.

Kemudian  muncul informasi kendaraan  beserta jumlah uang yang harus dibayarkan. Saya mencocokan informasi data kendaraan dengan data di STNK. Setelah merasa benar selanjutnya mengklik tombol lanjut di sebelah bawah jendela tampilan. Setelah klik lanjut, bank bjb mengirimkan soft token ke no telepon yang terdaftar di bjb net. Guna soft token adalah  untuk memvalidasi proses transfer dari rekening kita  ke rekening tujuan. 


Setelah memasukan soft token yang diterima lewat sms dan mengkil tombol kirim, maka proses tranfer terjadi. Selanjutnya muncul bukti tranfer yang selanjutnya di print sebagai bukti fisik untuk penukaran faktur pajak dan pengesahan STNK ke kantor samsat atau samsat outlet terdekat.
Selesai sudah pembayaran pajak kendaraan bermotor saya melalui bjb net. Menurut situs e samsat Jawa barat, bukti pembayaran tersebut harus ditukarkan dengan faktur pajak paling lambat 30 hari setelah proses pembayaran.

Esoknya karena harus bekerja, saya menyuruh istri untuk menukarkan struk pembayaran dengan faktur pajak sekaligus pengesahan STNK Tahunan ke samsat outlet terdekat. Yang dibawa adalah Struk pembayaran dari bjb net, KTP Asli, STNK asli. Prosesnya sama dengan pembayaran pajak secara langsung dioutlet. KTP dan STNK terlebih dahulu difotocpy dan disatukan dengan struk pembayaran pajak. Berkas diserahkan kepada petugas. Proses penukaran Faktur Pajak dan pengesahan STNK hanya memerlukan waktu lebih kurang 5 menit. 

Demikianlah pengalaman saya membayar pajak dengan menggunakan fasilitas internet banking. Untuk internet banking di bank lain saya belum mencoba, namun kemungkinan prosesnya tidak akan jauh berbeda dengan proses pembayaran di bjb net.





Comments :

  1. Duta Rakindo Merupakan pusat belanja rak online dengan transaksi yang aman dan terpercaya. Produk dan pelayanan kami merupakan solusi kebutuhan perabot Usaha Retail, Kantor, Industri dan Pergudangan. Kami menyediakan Rak Minimarket, Rak Supermarket, Rak Hypermarket, Convenience Store, maupun Wholesale. Selain Rak Market, kami juga menyediakan bermacam Meja Kasir, Rak Buah, Rak Bakery , Troli , Aksesoris , keranjang, Jolly Box, dan Rak Gudang ukuran ready ataupun Custom. Duta Rak menggunakan sistem knock-down yang presisi dan mudah dirangkai, struktur modular yang memudahkan baik untuk pengaturan denah maupun untuk penambahan komponen bila dibutuhkan. Produk kami memiliki standar ukuran yang bervariasi, dan aksesoris yang lengkap sebagai penunjang presentasi produk. Kenapa memilih kami ? Finishing Coating Powder, Pengiriman Cepat, Kemasan Terjamin, Gratis Desain Layout, Bebas Konsultasi.
    Hubungi segera kami di Jl. Raya Serang KM 24 Kec. Balaraja Barat Kabupaten Tangerang
    Get a quote: 081213-3040-75
    http://www.dutarak.com/

    ReplyDelete

Post a Comment